Tentang Kami

“Kami adalah lini usaha dari WR Media Grup yang bergerak di bidang layanan jasa penerbitan buku. Kami berkomitmen menjadi jalan kepada siapa pun yang ingin berkarya untuk menerbitkan buku mereka. 

Berawal dari sekelompok pemuda yang ingin memberikan sebuah media kepada para penulis yang memiliki ide gagasan berbeda dari mereka yang hanya diam saja menatap hidupnya sendiri. Kami sangat ingin menjadi bermanfaat bagi siapa saja yang mengunjungi kami.

Pada 19 November 2007, tiga orang mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berencana membuat sebuah kelompok penulis yang diharapkan menjadi media belajar dan berbagi. Akhirnya pada tahun 2008, membulatkan tekad. Tanggal 17 Oktober 2008 lahirlah apa yang kami sebut Komplotan Penulis Imajinasi Sastra atau kami permudah sebutannya menjadi Kopi Sastra. Selain karena para anggotanya hobi ngopi, kopi memang menjadi menu utama teman membuat karya tulis.

November 2008 Kami dirikan lini penerbitan dengan bendera Kopi Sastra Self Publishing untuk media para anggota Kopi Sastra yang disebut Pohon Kopi menyajikan “kopinya” dalam sebuah buku. Dari lini penerbitan ini lahirlah beberapa buku, baik buku antologi para anggota hingga buku mandiri para phon kopi.

Tahun 2010 kami mendirikan sebuah situ jejaring sosial www.kopisastra.org yang kami sasarkan sebagai pesaing Twitter. Di akhir tahun 2010 hingga akhir 2011 pengguna situ kami mencapai ratusan ribu pengguna. Namun seiring dengan kurangnya investasi kami di bidang pengembangan, berkurang pula pengguna kami yang mungkin merasa bosan. Akhirnya situs tersebut terpaksa kami tutup di awal tahun 2012.

Kami merasa masih bertanggung jawab kepada para pohon kopi untuk menyediakan media publikasi karya mereka. Akhirnya di pertengahan tahun 2012, bulan Juli, sebagai persiapan kami untuk menghadapi kiamat di Desember 2012, kami membuat media publikasi karya dengan bentuk lain, yaitu majalah daring yang kami beri nama Majalah Online Kopi Sastra.

Majalah itu masih bisa diakses di laman www.issu.com/kopisastra Hanya enam edisi majalah ini bertahan, dikarenakan tidak adanya investor sehingga majalah ini pun kami merasakan kiamat di akhir tahun 2012. Terhitung Desember 2012, kami hanya memfokuskan diri di lini penerbitan dengan menerbitkan beberapa karya para pohon kopi yang masih terus ingin berkarya.

Tahun 2014 Kopi Sastra bekerja sama oleh WR Media dalam bidang penerbitan dan menghasilkan beberapa buku di bidang fiksi dan non fiksi. Kerja sama tersebut berjalan hingga tahun 2019. Pada tahun 2020 Kopi Sastra sepenuhnya diambil alih oleh WR Media dan menjadi lini penerbitan WR Media.

Kami bermimpi siapa pun yang memiliki karya haruslah mendapat fasilitas kesempatan menerbitkan karyanya. 

Maka dari itu kami siap mewujudkannya

 

JANGAN PERNAH TAKUT BERKARYA

Hubungi Kami

8 + 2 =

Open chat
Hallo
Ada yang bisa saya bantu?
Powered by